Thursday, March 14, 2013

Sedang Bad Mood? Buang Saja Ke Tempat Sampah


Setiap orang pasti pernah didera suasana hati yang buruk, atau lebih dikenal dengan istilah ‘bad mood’. Seseorang yang suasana hatinya sedang buruk cenderung akan melamun, menangis, murung, atau bahkan emosi. Sebagian orang mungkin akan melewatinya dengan cepat, namun tidak sedikit orang yang sulit keluar dari kondisi ini. Sebenarnya banyak cara untuk mengusir bad mood anda. Selain mengonsumsi makanan-makanan yang dapat meningkatkan suasana hati, ada cara lain yang sangat mudah untuk anda coba.

Sebuah penelitian baru yang dipublikasikan di jurnal Psychological Science menyarankan agarbad mood, pikiran, dan emosi-emosi negatif yang sedang mendera anda sebaiknya dituliskan pada selembar kertas kemudian diremas, dan dibuang ke tempat sampah. Menurut Richard Petty, Ph.D., seorang ketua tim peneliti dan profesor dari Ohio State University, hasil temuan ini memang tampak konyol, namun terkadang hal-hal yang dianggap konyol ternyata jauh lebih efektif dari metode lainnya.

Penelitian yang dilakukan Profesor Petty ini melibatkan 83 peserta yang diminta untuk menuliskan apa yang mereka pikirkan tentang diri mereka sendiri pada selembar kertas. Selanjutnya para peserta diberikan pilihan untuk membuang atau menyimpan kertas tersebut. Hasilnya, peserta-peserta yang menyimpan kertas tersebut memiliki kecenderungan berpikir seperti apa yang mereka tuliskan. Peserta yang menuliskan pikirannya yang negatif maka mereka menilai dirinya sendiri jauh lebih negatif. Sedangkan peserta yang membuang kertasnya, menunjukkan tidak adanya perubahan terhadap penilaian diri mereka sendiri.

“Tubuh anda dapat mengontrol pikiran anda dan begitu sebaliknya”, kata Petty. Ini sama halnya dengan hasil studi sebelumnya yang mengatakan bahwa duduk tegak dapat membuat seseorang merasa lebih percaya diri, dan senyum dapat mendorong seseorang lebih bahagia. Oleh karena itu, bila anda sedang mengalami bad mood, tuliskan saja hal-hal atau pikiran-pikiran yang negatif pada secarik kertas, kemudian buang kertas tersebut. Hal itu menurut Petty akan memberikan efek yang luar biasa pada pikiran anda. Tidak hanya menekannya, tindakan tersebut dapat mengalihkan perhatian otak anda, yang seolah-olah ‘mengatakan’ bahwa pikiran-pikiran buruk itu telah hilang.

No comments:

Post a Comment