Friday, December 13, 2013

Kekuatan Lagu untuk Sembuhkan Depresi


Sejak lama alunan musik digunakan untuk terapi kesehatan. Selain membantu perkembangan otak janin dalam kandungan, terapi musik juga terbukti mampu mendorong proses penyembuhan berbagai macam penyakit, dari penyakit mental hingga kanker.
Nah, berikut ini lima cara memanfaatkan terapi musik bagi siapapun, termasuk Anda. Ingin mengatasi stres di kantor? Stabilkan suasana hati lewat terapi musik. Kenali juga manfaat terapi musik lainnya, seperti dikutip dari Methods Of Healing:

- Mengurangi stres
Efek mendengarkan musik sama seperti ketika Anda melakukan meditasi. Bagi beberapa orang, musik klasik atau instrumental memiliki efek menenangkan jiwa, misalnya sedang stres di kantor.

Sedangkan sebagian orang lain lainnya merasakan irama musik keras sangat ampuh untuk mengurangi pikiran stres yang mengganggu sepanjang hari, baik di rumah maupun di tempat kerja.

Apapun jenis musiknya, di saat stres, cobalah mendengarkan musik pilihan Anda. Agar manfaatnya terasakan, pertama-tama Anda mesti fokus pada pernapasan. Kemudian fokus pada suara instrumen, lalu nikmatilah musik. Manfaat musik bekerja saat Anda benar-benar fokus menikmatinya. Musik membantu Anda mendapatkan relaksasi dan kesehatan.

-  Tingkatkan kualitas tidur
Bagi kebanyakan orang dewasa, mendapatkan 7-8 jam tidur setiap malam sangat sulit. Banyaknya pekerjaan berat atau masalah-masalah lain sepanjang hari, mungkin yang membuat pikiran Anda terus bekerja sehingga badan sulit relaks.

Nah, pada saat-saat seperti itu, mendengarkan musik bisa membantu Anda cepat tidur. Caranya begini, kira-kira dua puluh menit sebelum tidur, cobalah berbaring dan putar musik instrumental di tape recorder atau ponsel.

Pertama-tama, fokuskan pikiran Anda pada instrumen musik, lalu biarkan diri Anda benar-benar masuk ke dalam musik. Musik akan merangsang otak Anda untuk santai dan tenang.
- Ekspresi kreatif
Selain mendengarkan musik, bermain musik sendiri atau bersama teman, juga mempunyai efek terapi sama. Di samping itu, aktivitas ini sekaligus membantu Anda mengekspresikan diri secara kreatif.

Mengembangkan keterampilan baru, seperti mengambil pelajaran gitar atau piano, terbukti membantu membuka jalur saraf baru di otak, mencegah terjadinya demensia, dan menjaga pikiran lebih tajam seiring dengan bertambahnya usia.

Jika tidak punya waktu untuk mempelajari alat musik, Anda bisa juga kursus menari atau bernyanyi. Ini akan sangat bermanfaat secara secara fisik dan mental.

- Interaksi sosial
Anda juga bisa menonton konser musik. Ini akan memberikan Anda waktu untuk berkumpul, berinteraksi, dan menikmati kebersamaan dengan orang lain. Jika suka menyanyi, cobalah bergabung dengan paduan suara di tempat ibadah, sekolah, dan lembaga pendidikan tinggi lainnya.

- Meningkatkan semangat olahragaTidak ada yang menyangkal bahwa manfaat olahraga sangat baik untuk kebugaran tubuh. Agar olahraga makin bersemangat lakukan dengan diiringi alunan musik. Anda juga bisa menari dengan diiringi musik favorit Anda untuk membakar kalori dalam jumlah besar.

Banyak orang mengikuti berbagai kontes menyanyi untuk mencari ketenaran, atau sebagai batu loncatan menjadi seorang bintang. Tapi di Prancis, menyanyi merupakan cara unik untuk mengusir depresi. Teknik terapi mengusir depresi dengan cara bernyanyi ini disebut dengan Psychophonie.

Merasa gelisah dan sedih adalah keluhan umum yang biasa dilontarkan pasien depresi. Karena itu, seperti dikutip dari laman DailyMail, para psikolog menggunakan kekuatan lagu dan musik untuk meningkatkan kepercayaan diri, proses mengusir perasaan negatif dan meningkatkan hubungan.

Teknik Psychophonie, dikembangkan di Prancis dengan cara menggunakan musik dan irama untuk meringankan kondisi seperti kecemasan, depresi dan kecanduan.

Goodchild Chloe Bristol seorang komposer, terapis bernyanyi dan pengelola situs thenakedvoice.com menjelaskan, setiap orang bisa melakukan terapi ini dengan cara berusaha mencari suara otentik atau suara sejatinya, yaitu salah satu suara yang berasal dari emosi dasar di dalam tubuhnya.

Jika ingin mencobanya, Anda harus bisa menemukan terlebih dahulu posisi yang membuat diri Anda nyaman ketika bernyanyi. Setelah itu temukan perasaan yang Anda alami dengan tepat, lalu mulainya bernyanyi. Makin banyak energi yang dimasukan ke dalam tubuh saat bernyanyi akan membuat seseorang lebih santai sehingga merasa lebih baik.

Menurut Chloe, seluruh rangkaian proses bernyanyi yang ada dalam teknik Psychophonie ini dirancang untuk membangkitkan energi tubuh. "Lewat bernyanyi bisa membantu seseorang berbicara dengan pikirannya sendiri yang akan membuatnya merasa lebih bahagia, sehingga seseorang bisa menggunakan kekuatan bernyanyi untuk menyembuhkan depresi."

Sumber • VIVAnews

No comments:

Post a Comment