Monday, August 19, 2013

Bubuhkan Lada Hitam Pada Masakan Untuk Cegah Depresi

Lada merupakan rempah untuk memberi rasa pedas hangat. Lada hitam, salah satu jenis lada ternyata punya manfaat. Menyehatkan pencernaan, mengurangi nyeri sendi hingga mencegah depresi.

Jenis lada yang berwarna hitam, mengandung piperin yang merupakan zat kimia alami. Tak heran jika lada hitam rasanya cenderung pedas. Lada hitam yang digunakan memasak, juga memiliki anti-bakteri dan anti-inflamasi. Bahkan senyawa piperine pada lada bersifat sebagai anti-depresi, yang bekerja pada sistem saraf pusat.

Uniknya lada hitam bisa mempertahankan nilai gizi bahan makanan selama proses memasak. Namun tidak boleh digunakan dalam jumlah besar karena bisa menyebabkan iritasi usus. Meskipun dapat meningkatkan rasa masakan jadi lebih pedas.

Tiap butir lada hitam mengandung vitamin C dan K, kalium, serat, zat besi dan mangan. Kandungan nutrisi ini membuat lada hitam dipercaya dapat mengurangi radikal bebas di dalam tubuh hingga mencegah penyakit kanker dan infeksi.

Seperti dilansir TimesofIndia (18/08/2013), kandungan vitamin C di dalam lada hitam ampuh dalam mengobati batuk, flu dan sinusitis. Juga sebagai anti-bakteri karena dapat membantu mengobati sembelit dan diare. Butiran lada hitam yang sudah dihancurkan juga bisa meringankan sakit gigi.

Antioksidan juga terkandung di dalam lada hitam sangat baik untuk memerangi radikal bebas. Senyawa yang satu ini juga bisa mengobati penyakit kanker khususnya kanker kulit, yang umum disebabkan oleh sinar UV dari matahari. Karena itu, sangat perlu konsumsi lada hitam dengan cara membubuhkannya pada masakan.

(odi/dni) www.http://food.detik.com

1 comment:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete