Thursday, April 4, 2013

Gangguan Bipolar Banyak Terjadi Pada Orang Sukses: Mereka Bisa Melahirkan Ide-ide Aneh

Sebagian besar penderita gangguan bipolar atau gangguan jiwa yang antara lain ditandai perubahan perasaan secara tidak menentu dan tiba-tiba, adalah orang berpendidikan tinggi dan memiliki jabatan tinggi dalam pekerjaan, kata seorang ahli kesehatan jiwa.

Pelukis terkenal Vincent van Gogh, novelis Ernest Hemingway dan Sidney Sheldon, serta penyanyi Sinead O'Connor adalah penderita gangguan bipolar, kata Ketua Seksi Bipolar Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI) dr.Handoko Daeng SpKJ (K) dalam sebuah seminar di Jakarta.

Dia menjelaskan, orang dengan gangguan bipolar biasanya sangat berani mengambil risiko berpikir out of the box atau di luar dari kebiasaan berpikir orang normal.

"Mereka bisa melahirkan ide-ide aneh, yang menurut kita tidak bisa, mereka bisa melakukannya. Bila tidak sukses, ya akhirnya mereka jatuh," katanya. 

Kondisi yang demikian, menurut dia, membuat orang dengan gangguan bipolar yang menjadi spekulan sukses. 

Namun, lanjut dia, gangguan kejiwaan ini juga dapat merugikan diri sendiri dan lingkungan bila tidak ditangani secara baik.

"Mereka kerap mencetuskan ide untuk bunuh diri dan melakukannya," katanya.

Ia menambahkan tindakan semacam itu menurunkan kualitas hidup penderita dan orang-orang di sekitarnya.

Sampai sekarang belum diketahui pencetus utama gangguan bipolar pada seseorang. 

Namun menurut Perwakilan Majelis Kehormatan Profesi PDSKJI Prof. Dr. Tuti Wahmurti A. Sapiie, (SpKJ(K), kerentanan genetik dapat menentukan daya tahan jiwa seseorang terhadap depresi yang dialaminya


Antara News

No comments:

Post a Comment