Saturday, March 16, 2013

Apa Yang Dapat Saya Lakukan Jika Saya Atau Orang Terdekat Memiliki Gangguan Bipolar?



Penyakit bipolar tidak ada penyembuhan, namun dapat secara efektif dirawat melalui jangka panjang. Ia paling baik dikontrol jika perawatannya terus menerus, daripada sekali-kali. Pada studi STEP-BD, sedikit lebih banyak dari setengah dari orang-orang yang dirawat untuk penyakit bipolar pulih melalui waktu satu tahun. Pada studi ini, pulih berarti mempunyai dua atau lebih sedikit gejala-gejala dari penyakit untuk paling sedikit delapan minggu.

Bagaimanapun, bahkan dengan perawatan yang benar, perubahan-perubahan suasana hati (mood) dapat terjadi. Pada studi STEP-BD, hampir stengah dari mereka yang telah pulih masih mempunyai gejala-gejala yang tetap hidup. Orang-orang ini mengalami kekambuhan yang biasanya adalah kembali ke keadaan depresi. Jika seorang mempunyai penyakit mental sebagai tambahan pada penyakit bipolar, ia lebih mungkin mengalami kekambuhan. Ilmuwan-ilmuwan tidak pasti, bagaimanapun, bagaimana penyakit-penyakit lain ini atau gejala-gejala yang tetap hidup meningkatkan kesempatan kekambuhan. Untuk beberapa orang-orang, menggabungkan psychotherapy dengan pegobatan mungkin membantu mencegah atau menunda kekambuhan.
Perawatan mungkin lebih efektif jika orang-orang bekerja dengan erat dengan dokter dan bicara secara terbuka tentang kekhawatiran-kekhawatiran dan pilihan-pilihan mereka. Memepertahankan jejak dari perubahan-perubahan suasana hati dan gejala-gejala dengan graphik kehidupan harian dapat membantu dokter menilai respon seseorang pada perawatan-perawatan. Adakalanya dokter memerlukan untuk merubah rencana perawatan untuk memastikan gejala-gejala terkontrol dengan paling efektif. Psychiatrist harus menuntun segala perubahan-perubahan pada tipe atau dosis obat.

Bagaimana Saya Dapat Membantu Diri Saya Jika Saya Mempunyai Penyakit Bipolar ?

Mungkin adalah sangat sulit untuk mengambil langkah pertama itu untuk membantu diri anda sendiri. Mungkin memakan waktu, namun anda dapat menjadi lebih baik dengan perawatan.
Untuk membantu diri anda sendiri:
  • Bicara pada dokter anda tentang opsi-opsi dan kemajuan perawatan
  • Pertahankan rutinitas regular, seperti memakan makanan-makanan pada waktu yang sama setiap hari dan pergi tidur pada waktu yang sama setiap malam
  • Coba untuk mendapatkan tidur yang cukup. Tetap pada pengobatan anda
  • Belajar tentang tanda-tanda peringatan yang mensinyalir perubahan kedalam depresi atau mania
  • Harapkan gejala-gejala anda membaik secara berangsur-angsur, tidak segera.

Bagaimana Saya Dapat Membantu Seorang Teman Atau Saudara Yang Mempunyai Penyakit Bipolar ?

Jika anda tahu seorang yang mempunyai penyakit bipolar, itu mempengaruhi anda juga. Hal pertama dan paling penting yang dapat anda lakukan adalah membantu ia mendapatkan diagnosis dan perawatan yang benar. Anda mungkin perlu membuat perjanjian dan pergi bersama dia untuk mengunjungi dokter. Beri semangat orang yang kamu cintai untuk tetap pada perawatan.
Untuk membantu teman atau saudara, anda dapat:
  • Menawarkan dukungan emosional, pengertian, kesabaran, dan memberikan semangat
  • Belajar tentang penyakit bipolar sehingga anda dapat mengerti apa yang dialami teman atau saudara anda
  • Bicara pada teman atau saudara anda dan mendengarkan secara saksama
  • Dengarkan perasaan-perasaan yang diutarakan teman atau saudara anda - mengerti tentang situasi-situasi yang mungkin mencetuskan gejala-gejala bipolar symptoms
  • Undang teman atau saudara anda keluar untuk pengalihan-pengalihan yang positif, seperti berjalan-jalan, tamasya-tamasya, dan aktivitas-aktivitas lain
  • Ingatkan teman atau saudara anda bahwa, dengan waktu dan perawatan, ia dapat menjadi lebih baik.
Jangan pernah mengabaikan komentar-komentar tentang teman atau saudara anda yang yang membahayakan diri mereka sendiri. Selalu melaporkan komentar-komentar seperti itu ke therapist atau dokter mereka.

Dukungan untuk pemberi perawatan

Seperti penyakit-penyakit serius lain, penyakit bipolar dapat menjadi sulit untuk pasangan-pasangan suami istri, anggota-anggota keluarga, teman-tema, dan pemberi-pemberi perawatan lain. Saudara-saudara dan teman-teman seringkali harus mengatasi persoalan-persoalan kelakuan serius orang itu, seperti pengeluaran bersenang-senang yang liar selama mania, penarikan yang ekstrim selama depresi, pencapaian pekerjaan atau sekolah yang buruk. Kelakuan-kelakuan ini dapat mempunyai konsekwensi-konsekwensi yang bertahan.
Pemberi-pemberi perawatan biasanya mengasuh keperluan-keperluan medis dari seorang yang mereka cintai. Pemberi-pemberi perawatan harus berhadapan dengan bagaimana ini mempengaruhi kesehatan mereka sendiri. Stres dibawah pemberi-pemberi perawatan berada mungkin menjurus pada pekerjaan yang hilang atau kehilangan waktu bebas, hubungan-hubungan yang tegang dengan orang-orang yang mungkin tidak mengerti situasi, dan pengurasan fisik dan mental.
Stres dari pemberian perawatan dapat membuatnya sulit untuk mengatasi gejala-gejala bipolar seorang yang dicintai. Satu studi menunjukan bahwa jika pemberi perawatan berada dibawah stres yang banyak, yang dicintainya mempunyai lebih banyak kesulitan mengikuti rencana perawatan, yang meningkatkan kesempatan untuk episode bipolar utama. Adalah penting bahwa orang-orang yang merawat mereka dengan penyakit bipolar juga memperhatikan diri mereka sendiri.

No comments:

Post a Comment