Thursday, June 20, 2013

Kunyah Permen Karet, Hilangkan Stress

Selama bertahun-tahun orang telah berusaha melakukan berbagai cara untuk melawan stres. Diantaranya yang paling umum adalah merokok dan mengunyah permen karet. 

Penelitian menujukkan, selain menghilangkan stres dan kecemasan, peneliti menemukan bahwa orang yang mengunyah permen karet juga menunjukkan peningkatan kewaspadaan dan kemampuan mereka untuk multitasking (melakukan banyak hal dalam waktu yang bersamaan)

Penelitian tersebut dipresentasikan Dr Andrew Scholey, Ph.D., seorang profesor Perilaku dan Ilmu Otak pada Swinburne University di Melbourne, Australia dimana penelitian dilakukan. Tujuan dari penelitian ini, yang mencakup beberapa peneliti dari Wrigley Science Institute, dimaksudkan untuk menentukan apakah dan bagaimana tindakan yang terkena permen karet suasana hati, kortisol tingkat, dan stres.

kortisol dihasilkan oleh kelenjar adrenal tubuh. Pada saat stres yang tinggi, kadar kortisol dalam tubuh sebagai melonjak. Ketika tubuh dalam keadaan rileks, kadar kortisol dalam tubuh menurun. Penelitian Dr Scholey mengungkapkan bahwa ketika seseorang mengunyah permen karet, kadar kortisol terbukti menurun.
Penelitian ini melibatkan empat puluh orang, dengan usia rata-rata  22 tahun. Pengujian dilakukan dengan menggunakan Simulasi Intensitas Stressor Ditetapkan sebuah metodologi standar untuk mengukur stres yang berhubungan dengan respon fisiologis dalam setting laboratorium. Dalam studi tersebut, kadar kortisol, ditambah tingkat kewaspadaan, diukur sebelum peserta mulai mengunyah permen karet dan di saat mereka sedang mengunyah permen karet.

Tes menunjukkan bahwa mereka yang mengunyah permen karet mengurangi tingkat kecemasan mereka oleh hampir 17 persen ketika sedang stres ringan dan hampir 10 persen ketika di bawah tekanan berat.
Perbedaan dalam tingkat kinerja bahkan lebih dramatis, pengunyah permen karet menunjukkan kinerja 67% sampai 109% lebih baik daripada non pengunyah. Tidak diketahui apakah rasa dari permen karet membuat perbedaan dalam hasil.

sumber: http://WEB-INF.prmob.net/views/ltr/article.jspx


No comments:

Post a Comment