Sunday, April 28, 2013

There's Always Light at The End of Your Tunnel: Harapan Pemulihan Untuk Mereka Yang Hidup Dengan Gangguan Jiwa


Penderita gangguan jiwa bisa pulih, dalam arti bisa hidup, aktif bekerja dan berfungsi normal sebagaimana anggota masyarakat lainnya. Beberapa prinsip dasar proses pemulihan adalah sebagai berikut:
  • Pemulihan adalah suatu proses membangun suatu kehidupan yang berarti dan memuaskan sebagaimana didefinisikan oleh penderita sendiri, meskipun kadang ada kondisi kambuh.
  • Pemulihan adalah gerakan menjauh dari kelainan, penyakit dan gejala menuju ke arah yang lebih sehat, kuat dan sejahtera
  • Harapan adalah titik pusat dari proses pemulihan. Harapan timbul antara lain karena adanya “contoh” atau role model dari mereka yang pulih.
  • Keluarga dan teman teman penderita berperan penting dalam proses pemulihan. mereka perlu dilibatkan dalam proses pemulihan. Yang diperlukan penderita adalah mereka yang mempunyai kemauan memberi semangat dan memperkuat harapan, penuh perhatian, dan tidak mudah patah semangat.
Menurut  Andresen, R., Oades, L., dan  Caputi (2003) ada 4 komponen dari proses pemulihan, yaitu:
  1. Menemukan dan memupuk “harapan”. Timbulnya harapan merupakan pusat dari proses pemulihan. Tanpa timbulnya harapan, tidak akan ada proses pemulihan.
  2. Membentuk kembali “identitas positif”. Dalam proses pemulihan, juga diperlukan adanya identitas yang lain selain identitas sebagai penderita gangguan jiwa. Penderita tetap mempunyai gejala gangguan jiwa, namun mereka juga mempunyai identitas positif lainnya, seperti: pelajar, mahasiswa, pegawai, pengusaha, ayah/ibu, dll.
  3. Membangun kehidupan yang berarti. Kehidupan yang berarti bisa dicapai dengan membangun hidup yang bermanfaat bagi sekitar merupakan salah satu komponen penting dari proses pemulihan. 
  4. Mengambil tanggung jawab dan kendali. Dalam proses pemulihan, penderita gangguan jiwa tidak hanya menggantungkan diri pada dokter dan orang lain, tapi secara aktif dan bertanggung jawab mengusahakan pemulihan dirinya.

No comments:

Post a Comment